Sebelum Mengunjungi Dokter Spesialis Saraf

Infeksi sistem saraf pusat, radang otak, radang selaput otak, epilepsi, hydrocephalus, Alzheimer, vertigo, Parkinson, dan lumpuh otak adalah beberapa contoh jenis penyakit saraf yang membutuhkan perawatan medis intensif untuk mengurangi gejala atau menyembuhkannya. Dalam hal ini, dokter spesialis saraf memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengobatan. Apabila pasien mengikuti semua saran yang dianjurkan dokter, kemungkinan untuk sembuh masih sangat terbuka lebar. Sebaliknya, jika apa yang disarankan dokter tidak dijalankan, penyakit yang menyerang saraf bisa saja menyebabkan pasien meninggal dunia. Selain itu, perlu pula diperhatikan bahwasannya pasien harus memilih dokter yang berpengalaman dan profesional agar tidak ada mal-praktek atau pelayanan yang tidak maksimal.

Btw, apakah Anda mengindap penyakit saraf atau ada keluarga yang mengindap penyakit ini dan berencana untuk mengunjungi dokter spesialis saraf? Jika jawabannya iya, sebaiknya lakukan hal-hal berikut terlebih dahulu agar tidak kecewa dan menyesal nantinya:

Cari informasi tentang dokter saraf ternama dan tempat prakteknya di mana

Perlu diketahui bahwa ada banyak dokter saraf di Indonesia tapi hanya beberapa dari mereka saja yang sudah ternama karena keprofesionalan dan pengalaman mereka. Untuk itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu informasi tentang dokter saraf ternama yang bisa dikunjungi. Pastikan bahwa Anda mencari informasi ini dari berbagai sumber agar mendapatkan informasi yang dapat dipercaya. Selain itu, ketahui pula tempat prakteknya di mana karena jika dokter pilihan Anda berada di luar kota, Anda butuh waktu lebih banyak untuk bisa bertemu dengannya. Namun, jika ternyata ada dokter spesialis saraf ternama di kota Anda, silahkan cari di mana letak prakteknya sehingga Anda bisa segera menemuinya. Oya, pastikan pula bahwa si dokter bekerja di rumah sakit yang profesional dan memadai, seperti rumah sakit Siloam yang memiliki dokter-dokter spesialis terbaik, termasuk dokter tulang terbaik di Indonesia. Hal ini bisa dijadikan indikasi seberapa baik dan profesionalnya dokter itu.

Buat janji terlebih dahulu

Apabila Anda sudah menemukan dokter spesialis saraf ternama, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat janji dengannya terlebih dahulu. Mengapa harus demikian? Sadari bahwa ada banyak orang di luar sana yang juga membutuhkan perawatan dari sang dokter sehingga bila Anda tidak membuat janji terlebih dahulu, Anda akan mengantri untuk waktu yang cukup lama. Mungkin terdengar tidak menjadi masalah tapi bagaimana jika penyakit yang diderita harus benar-benar mendapatkan perawatan medis. Bayangkan sudah jauh-jauh datang ke tempat dokter tersebut dan tentunya sudah menghabiskan waktu, tenaga, dan juga uang tapi sesampainya di sana sudah ada belasan atau puluhan orang mengantri. Jika memaksakan diri untuk menerobos antrian, Anda akan dimarahi oleh pasien dan keluarga mereka walaupun Anda butuh diobati duluan. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk membuat janji terlebih dahulu dan ketahui pula hari apa saja dokter ada (praktek) agar tak salah hari.

Ketahui estimasi biaya yang akan dikeluarkan

Selain membuat janji dengan dokter, sangat dianjurkan pula untuk mengetahui estimasi biaya yang akan dikeluarkan nantinya agar tidak terkejut atau tidak mendapatkan masalah administrasi. Jika dokter bekerja di rumah sakit dan rumah sakit tersebut menerima pasien BPJS, Anda harus tetap menyiapkan dana dalam jumlah tertentu untuk mengantisipasi rawat inap yang lebih dari satu minggu. Seperti yang Anda ketahui bahwa BPJS Kesehatan menanggung rawat inap pasien selama satu minggu per bulannya. Melewati batasan waktu tersebut, pasien harus dipulangkan atau membayar biaya rumah sakit sendiri sebagai pasien umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *